Rabu, 04 Juli 2012

sebuah penghargaan

lulus sma adalah hari terindah dalam hidup ku. kini aku telah berhasil menunaikan amanah orangtua untuk menuntut ilmu. walau hanya sampai di sini mereka sanggup. untuk kelanjutan nya mereka menyerahkan kepada kemauan dan kemampuan kami. 

tahun ini juga tahun paling melegakan bagi kedua orangtua kami. tahun ini kami berempat telah selesai sekolah  hingga tahap menengah. setelah kakak ke tiga ku menyelesaikan nya 2 tahun yang lalu. aku telah membuktikan bahwa aku tak pernah kalah dari nya. walau secara indeks prestasi masih di bawahnya.

tanggung jawab ku terasa lebih berat tahun ini. aku harus ke sana ke mari mencari pekerjaan. di saat teman teman ku tersibuk mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan study. ke dua orang tua ku tak sanggup melakukan hal itu. aku tetap bersyukur, setidaknya mereka telah berjuang. perjuangan mereka juga di dorong oleh kedua kakak ku yang telah punya pekerjaan tetap.

sebuah pekerjaan telah ku dapat. ya. sebagai operator rental komputer. bermodalkan kemampuan Microsoft  office seadanya dan kelihaian ku mengayun-ayun mouse. tiap hari berlembaran tugas mengetik aku laksanakan semampuku, aku kerjakan tugas2 itu. tak jarang aku sering bertanya pada orang2 kost di sekitar tempat rental itu jika aku mengalami kesulitan. hmmm, kebetulan tempat rentalnya juga ada kost yang isi nya kebanyakan mahasiwa UGM. 
hari demi hari kemampuanku makin bertambah. tentu tugas akan bertambah banyak. bos ku kini semakin percaya akan kemampuan ku.....

gaji pertama,,,, 
450rb. angka pertama yang ku raih. mungkin sedikit tak seimbang dengan susah payah ku mengayuh sepeda onthel dari rumah di bantul hingga ke kawasan kampus UGM jogja. sering pula aku lembur kerja tanpa ada tambahan gaji. demi memuaskan kebutuhan para pelanggan aku rela melakukan itu semua. mungkin ucapan terima kasih merupakan sebuah penghargaan yang lebih bernilai dari sekedar salary...

mulai bosan,,,,
empat bulan aku lalui dengan terus berkhayal dapat lebih berkembang. kini sebuah harapan besar datang. kebosanan ku itu melayangkan ku jauh ke papua. ya ke kota sorong aku menyusul kakak pertama ku telah lama mengadu nasib di sana. 

di papua,,,,
kini di sini aku mendapat sebuah penghargaan lebih dari ayah dan ibu ku, ya... sebuah doa restu. sebuah ketegaan mereka melepas anak bungsu nya untuk merantau jauh hingga ke papua.
di sini kembali aku berkutat dengan komputer. ya, aku di terima di sebuah rumah sakit daerah di pelosok kota sorong. bagian administrasi. setiap hari mengurusi surat meyurat, ketik mengetik. di sini kembali aku mendapat sebuah penghargaan. orang jawa lebih di percaya ketimbang anak pribumi papua sendiri. 
tanpa terasa hampir setahun aku berjuang di sini. bahkan sebuah pernikahan kakak kedua ku pun tak sanggup aku hadiri demi perjuangan ku di sini. lebih tepatnya sih, gak ada ongkos, untuk pulang balik jogja papua, 

sebuah penghargaan,,,
malam ini ada acara besar di rumah sakit kami. ya, malam ini merupakan malam perayaan ulang tahun rumah sakit. acara paling di tunggu adalah penganugerahan untuk para abdi di rumah sakit ini. penghargaan perawat terbaik, penghargaan dokter terbaik, penghargaan ahli bedah terbaik... tentu tak ada penghargaan untuk tukang ketik terbaik. ku lalui acara itu dengan penuh iri kepada orang2 yang telah di hargai itu. aku ingin seperti mereka, mengabdi dan dihargai....
tanpa terasa seluruh penghargaan telah di anugerahkan. di acara terakhir pembawa acara ternyata membaca kan satu penghargaan lagi,,,,

ini adalah penghargaan terakhir, pasti semua orang di rumah sakit setuju dengan anugerah yang akan kita berikan kepadanya, dia itu masih muda. tangan terampil nya membuat semua urusan surat menyurat di rumah sakit ini menjadi lancar. dia sanggup mengerjakan pekerjaan yang biasanya hanya bisa di selesaikan oleh sepuluh orang. dia selesaikan sendiri dengan tanpa ada kesalahan. kini dengan bangga saya panggil anak kami.... WISNU PARTONO....

tentu tak pernah terbersit dalam pikiran ku aku bisa memperoleh penghargaan ini. ternyata inilah sebuah penghargaan dari semua jerih payah ku. dari semua apa yang telah aku perbuat selama ini.

tak lupa,,,,
aku kabar kan penghargaan itu ke orang-orang tercinta di jogja.
sebuah penghargaan datang lagi kepada ku.... rasa bangga mereka terhadap ku...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar