Senin, 07 Mei 2012

detachment, sisi lain dari sebuah pendidikan

2 mei yang lalu di kenal oleh masyarakat indonesia sebagai hari pendidikan nasional. ditetapkan tanggal tersebut berdasarkan hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara yang lahir pada 2 mei 1889. 

apa salahnya sih aku kasih rekomendasi film berbau pendidikan,  Detachment. film yang dibinatangi oleh Adrien Broody yang berkisah tentang perjuangan seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah yang isi nya murid-murid bermasalah dan kebanyakan "kurang pintar". ia dituntut oleh pihak sekolah untuk meningkatkan indeks prestasi mereka yang sudah hampir terdegradasi. hehehe, kayak istilah bola aja. pada awal pengajarannya di kelas yang berisi murid-murid nakal tidaklah mudah. Henry Barthes (Broody) tidak di hargai sebagai guru di kelasnya waktu itu. bahakan banyak murid yang lebih memilih keluar kelas ketimbang harus mengikuti kelasnya. tak hanya itu saja, ia juga harus menghadapi murid-muridnya yang banyak punya masalah. mulai dari murid yang terlibat bisnis prostitusi, hingga murid yang punya kebiasaan aneh suka membunuh hewan-hewan di sekitarnya seperti kucing. Ternyata semua masalah yang dihadapi murid-muridnya tak jauh berbeda dengan masa lalunya yang kelam. kini ia menyadari bahwa ia tak sendirian. ia tersadar bahwa bukan hanya dirinya saja manusia yang punya masalah di dunia ini. 
film ini di produseri sendiri sang aktor, Adrien Broody. sebagai sang sutradara ada Tony Kaye yang sukses lewat filmnya, American History X. bintang lain yang terlibat dalam film ini, seperti
Marcia Gay Harden, Christina Hendricks, William Petersen, Bryan Cranston, Tim Blake Nelson, Lucy Liu, Blythe Danner, James Caan dan artis pendatang baru Sami Gayle dan Betty Kaye. 

sekilas film sejenis :
 WAITING FOR SUPERMAN, sebuah film dokumenter yang mengungkap sisi buruk pendidikan di Amerika Serikat,















THE GREAT DEBATERS, perjuangan murid sekolah yang kurang favorit dalam mengikuti lomba debat. dan mereka berhasil mengalah murid-murid Harvard Univercity. film ini juga berpesan bahwa tak sekama orang-orang kulit hitam itu tidak berpendidikan....







-----------------------------
ok semoga bermanfaat.... BRAVO PENDIDIKAN INDONESIA!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar