Minggu, 01 Maret 2015

Sebuah Notulen



Terimakasih untuk moviebox yang sudah mendatangkan mentor public speaking sekelas @tikayusuf di acara jumper  atau acara jumat pertemuan pada tanggal 27 februari 2015. Saya sangat tertarik karena tema pelatihan kali ini tentang personal branding. Bagaimana kita sebagai seorang pribadi membentuk diri kita menjadi sebuah merk untuk dijual ke khalayak umum dengan menjadikan personal brand sebagai alat promosinya. Personal brand adalah suatu proses seseorang dalam karirnya yang ditandai dengan merk yang melekat didirinya dan merk itulah yang menjadi identitas yang sangat identic dengan dirinya sendiri. 

Menjadi lebih menarik, ternyata suatu personal brand seseorang akan sangat mempengaruhi branding atau sangat berpengaruh pada tempat dimana kita bekerja. Artinya personal brand seseorang bisa menjadi pengaruh yang besar untuk merk atau branding tempat kerjanya atau perusahaannya. 

Tentu tidak mudah untuk membentuk personal branding. Tapi itu kata saya. Menurut kak @tikayusuf untuk membentuk personal brand kita tinggal mencari apa yang paling berlebih dalam diri sendiri. Setiap manusia selalu dikaruniai kekurangan dan kelebihan. Kelebihan itulah yang akan kita perkuat untuk membentuk personal brand dan akan kita gunakan untuk “menjual diri” agar kita lebih bisa dihargai orang lain. Hal termudah untuk menunjukan personal brand kita yaitu dengan mengubah bio twitter kita sesuai dengan apa yang jadi kelebihan dalam diri kita. Bisa juga dengan mengisi blog kita dengan hal-hal yang menjadi ketertarikan kita akan sesuatu…
Satu hal yang paling menyentuh di sesi ini, ternyata kita harus bekerja untuk kebaikan diri sendiri. Bukan untuk kebaikan perusahaan, juga bukan untuk memenuhi kemauan atasan. Bekerja untuk kebaikan diri, akan juga menjadikan suatu kebaikan pula untuk perusahaan itu.


YOUR PERSONAL BRAND:  HOW  YOU SEE YOURSELF +  HOW OTHERS SEE YOU
·         
BRAND IS YOU….

 SAYA pun memberanikan diri untuk bertanya pada mentor kita siang itu…. Pertanyaan saya…. Bagaimana ya cara mengetahui bakat yang ada dalam diri sendiri????
Jawabannya: tanyalah pada diri mu sendiri, apa yang kamu sukai??? Melukiskah.. menggambarkah… berceritakah… atau apapun itu … itulah bakatmu. Kalau tak tahu apa yang kamu sukai , tanyakan pada ibumu, ayahmu, atau orang-orang terdekatmu….

PASSION atau BAKAT itu adalah sesuatu yang paling anda sukai, akan  sangat ketika yang kamu sukai itu juga disukai orang lain, lebih baik lagi ketika yang kamu sukai itu bisa membuat orang lain bahagia, lebih baik lagi ketika hal yang anda sukai itu bisa membuat anda produktif atau menghasilkan uang untuk anda….. ITULAH PASSION ITULAH BAKAT ANDA….
Pertanyaannya… sudahkah saya menemukan bakat saya…
BELUM… saya masih belum tahu apa bakat saya… tapi tentu saya akan terus menggali diri saya terhadap hal-hal yag saya sukai, mungkin menulis, mungkin bisnis kuliner, mungkin memperbaiki laptop, mungkin juga masak….

Terimakasih untuk ilmunya… mbak @tikayusuf…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar